Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat kompetensi siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner responden siswa dan guru, sedangkan data sekunder bersumber dari data SMK Islami Al-Fattah Astambul, dokumen-dokumen, dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Kompetensi siswa di SMK Islami Al-Fattah Astambul diukur dengan menganalisis tiga dimensi kompetensi yaitu kompetensi kognitif, kompetensi afektif, dan kompetensi psikomotorik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kompetensi siswa memiliki rata-rata berbeda. Kompetensi kognitif pada tingkat kemampuan evaluasi menunjukan hasil yang sangat baik, sedangkan pada tingkat pengetahuan, pemahaman, aplikasi dan analisis sudah pada kategori baik. Pada tingkat kompetensi kemampuan sintesis masih perlu ditingkatkan. Pada tingkat kompetensi afektif dan kompetensi psikomotorik pada tingkat kemampuan menerima, penilaian dan organisasi menunjukan hasil yang sangat baik dan tingkat kompetensi siswa pada tingkat kemampuan meresponding/jawaban, karakteristik nilai dan psikomotorik masih perlu usaha untuk meningkatkan.


 


Kata kunci: kompetensi siswa, kompetensi kognitif, kompetensi afektif, kompetensi psikomotorik

Article Details