Main Article Content

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII Pelajaran Matematika Di MTsN 1 Hulu Sungai Tengah ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII Pelajaran Matematika di MTsN 1 Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini dilakukan pada MTsN 1 Hulu Sungai Tengah dengan variabel independen terdiri dari Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan dan variabel dependen Prestasi Siswa, jumlah sampel 60 dan menggunakan teknik analisa regresi berganda dan uji-t untuk parsial serta Uji-f untuk simultan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa sedangkan Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi siswa secara Parsial. Motivasi belajar, lingkungan belajar dan kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa secara simultan.

Article Details