Main Article Content

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII Pelajaran Matematika Di MTsN 1 Hulu Sungai Tengah ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII Pelajaran Matematika di MTsN 1 Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini dilakukan pada MTsN 1 Hulu Sungai Tengah dengan variabel independen terdiri dari Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan dan variabel dependen Prestasi Siswa, jumlah sampel 60 dan menggunakan teknik analisa regresi berganda dan uji-t untuk parsial serta Uji-f untuk simultan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa sedangkan Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi siswa secara Parsial. Motivasi belajar, lingkungan belajar dan kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa secara simultan.


Kata kunci: motivasi belajar, lingkungan belajar, kedisiplinan dan prestasi siswa

Article Details

References

  1. Annisa, A.N. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2).
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
  3. Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
  4. Djamarah. B. S. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
  5. Djamarah. B. S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
  6. Effendi, Mujiono dan Mursilah. 2018. Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1): 17-23.
  7. Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada Jakarta.
  8. Listiana, N. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
  9. Minarni. 2006. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester 1 SMPN 11 Semarang Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  10. Nana, S. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
  11. Riah, L., dkk. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Pangkep. FIS Universitas Negeri Makassar. Makassar
  12. Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara. Jakarta.
  13. Siregar, S. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
  14. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.
  15. Slavin, R.E. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks. Jakarta.
  16. Subini, N, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Mentari Pustaka. Yogyakarta.
  17. Sugihartono. 2015. Psikologi Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.
  18. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  19. Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara. Jakarta.