Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menentukan strategi promosi yang diterapkan oleh PT. Nutrifood Indonesia cabang Banjarmasin  melalui analisis SWOT. Metode penelitian  yang digunakan peneliti adalah berupa analisis SWOT dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  (1) Strategi promosi yang diterapkan oleh PT. Nutrifood Indonesia cabang Banjarmasin adalah periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan dan publikasi, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan perorangan. (2) Melalui hasil Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada Growth Oriented Strategy, yang mana kodisi perusahaan pada kuadrat I  dengan nilai skor Strenghts (+ 2,48), Weakness (-1,14), Opportunity (+2,55) dan Threat (-1,09) yang didapatkan dari perhitungan melalui matriks SWOT untuk dapat memaksimalkan kekuatan yang memanfaatkan peluang dengan cara melakukan berbagai inovasi seperti mengeluarkan produk baru dan memasarkan produk dengan menggunakan e-commerce seperti Nutrimart sehingga mampu bersaing dengan kompetitor dalam melakukan strategi promosi serta meningkatkan penjualan.


Kata kunci: analisis SWOT, strategi promosi, susu Hilo

Article Details