Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peranan kompetensi Karyawan selama ini dan (2) upaya meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kinerja karyawan yang seharusnya di kedai kopi 180 derajat. Penelitian yang dilaksanakan saat ini berjenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemilik, Manajemen dan Karyawan di Kedai Kopi 180 derajat yang berjumlah 10 orang dan ditambah dengan konsumen. Sampel dari penelitian ini adalah wawancara, yaitu mewawancarai 3 orang yaitu pemilik, perwakilan dari konsumen maupun karyawan kedai kopi 180 derajat. Alasan dilakukannya pengambilan sampel berjumlah 3 orang hal ini dikarenakan jumlah tersebut dapat mewakili dari keseluruhan populasi sehingga mereka dapat membantu peneliti saat peneliti nanti dilaksanakan. Alat penggali data penelitian adalah wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, maka dapat disimpulkan garis besarnya bahwa ketiga responden menyatakan karyawan mempunyai kompetensi dalam pekerjaannya, kepada pelanggan karyawan sangat ramah dan merespon apa yang dipesan konsumen, hal ini terlihat dari perlakukan yang diberikan pada konsumen saat konsumen memesan minuman, serta respon karyawan pada konsumen. Upaya yang dilakukan pemilik kedai kopi 180 derajat mengajak karyawan untuk mempertahankan apa yang sudah berjalan baik, baik dari segi teknik meracik minuman, pelayanan yang diberikan, respon kepada pelanggan serta orientasi pada konsumen.


 


Kata kunci: Kompetensi, Meningkatkatkan Kinerja

Article Details

References

  1. Arif Y.H. 2018. Pemahaman Manajemen Sumberdaya Manusia. Center for Academic Publishing Servive. Yogyakata:
  2. Fahmi, I. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.
  3. Ganyang, M.T. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep dan Realita). In Media. Bogor.
  4. Handoko, H.T. 2018. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta.
  5. Indrawati, I.D. 2017. Evaluasi Kinerja Kualitas Layanan Kafe Pondok Alam Glenmore.http://repository.unmuhjember.ac.id Diakses 24 Agustus 2022
  6. Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali. Jakarta
  7. Mangkunegara, A.P. 2018. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.
  8. Mariyani, L. 2018. Analisis Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma http://repository.ikopin.ac.id/610/1/Halaman%20Depan.pdf
  9. Manalu, M.B.F. 2016. Pengelolaan Kompetensi Pemilik Usaha Rumah Makan Tradisional Kelas C Di Kawasan Wisata Pantai Anyer dan Pantai Carita Provinsi Banten. file:///C:/Users/Acer/Downloads Diakses 24 Agustus 2022
  10. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  11. Sukmadinata, S.N. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  12. Sutrisno, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Prenamedia Group. Jakarta.
  13. Handayani, T. 2020. Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Koordinat Kafe Banjarmasin. http://eprints.uniska-bjm.ac.id Diakses 24 Agustus 2022
  14. Wibowo. 2017. Perilaku dalam Organisasi. Rajawali Pers. Jakarta.
  15. Widodo, S.E. 2017. Manajemen Pengem-bangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta:
  16. Rivai, V. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Raja Grafindo Persada. Depok.