Main Article Content

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Peranan kompetensi Karyawan di kedai kopi 180 derajat. 2) Untuk mengetahui upaya meningkatkan kompetensi trhadap kinerja karyawan di kedai kopi 180 derajat yang seharusnya. Metode dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemilik, Manajemen dan Karyawan di Kedai Kopi 180 derajat yang berjumlah 10 orang dan ditambah dengan konsumen. Teknik pengumpulanan data dilakukan dengan wawancara, yaitu mewawancarai 3 orang pemilik, perwakilan dari konsumen maupun karyawan kedai kopi 180 derajat. Hasil penilitian penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketiga responden menyatakan karyawan mempunyai kompetensi dalam pekerjaannya, kepada pelanggan karyawan sangat ramah dan merespon apa yang dipesan konsumen, hal ini terlihat dari perlakukan yang diberikan pada konsumen saat konsumen memesan minuman, serta respon karyawan pada konsumen. Upaya yang dilakukan pemilik kedai kopi 180 derajat mengajak karyawan untuk mempertahankan apa yang sudah berjalan baik, baik dari segi teknik meracik minuman, pelayanan yang diberikan, respon kepada pelanggan serta orientasi pada konsumen


Kata kunci: kompetensi, kinerja, kedai kopi

Article Details

References

    Arif Y.H. 2018. Pemahaman Manajemen Sumberdaya Manusia. Center for Academic Publishing Servive. Yogyakata:
    Fahmi, I. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.
    Ganyang, M.T. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep dan Realita). In Media. Bogor.
    Handoko, H.T. 2018. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta.
    Indrawati, I.D. 2017. Evaluasi Kinerja Kualitas Layanan Kafe Pondok Alam Glenmore.http://repository.unmuhjember.ac.id Diakses 24 Agustus 2022
    Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali. Jakarta
    Mangkunegara, A.P. 2018. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.
    Mariyani, L. 2018. Analisis Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Studi Kasus Pada Primer Koperasi Darma Putra Tri Dharma http://repository.ikopin.ac.id/610/1/Halaman%20Depan.pdf
    Manalu, M.B.F. 2016. Pengelolaan Kompetensi Pemilik Usaha Rumah Makan Tradisional Kelas C Di Kawasan Wisata Pantai Anyer dan Pantai Carita Provinsi Banten. file:///C:/Users/Acer/Downloads Diakses 24 Agustus 2022
    Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
    Sukmadinata, S.N. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
    Sutrisno, E. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Prenamedia Group. Jakarta.
    Handayani, T. 2020. Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Koordinat Kafe Banjarmasin. http://eprints.uniska-bjm.ac.id Diakses 24 Agustus 2022
    Wibowo. 2017. Perilaku dalam Organisasi. Rajawali Pers. Jakarta.
    Widodo, S.E. 2017. Manajemen Pengem-bangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta:
    Rivai, V. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Raja Grafindo Persada. Depok.