Main Article Content

Abstract

Abstrak: Fenomena yang sekarang ini banyak kita temui ialah menjamurnya coffee shop di berbagai daerah termasuk di Banjarmasin. Hal ini sejalan dengan data yang dirilis oleh International Coffee Organization yang menyatakan bahwa terjadi peningkatan konsumsi kopi di Indonesia dari tahun ke tahun. Tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan kopi di Indonesia yaitu 1.7%. Riset yang dilakukan oleh TOFFIN yang menyimpulkan bahwa salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan coffee shop di Indonesia yaitu kebiasaan (budaya) nongkrong sambil ngopi. TOFFIN juga menyebutkan bahwa gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi diciptakan oleh dominasi populasi anak muda Indonesia (Generasi Y dan Z).


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, harga, kualitas produk, kualitas layanan dan faktor mana yang paling dominan terhadap keputusan pembelian anak muda pada coffee shop di Banjarmasin. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria anak muda yang menurut World Health Organization (WHO) berkisar antara usia 12 tahun sampai 24 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner online dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere, harga, kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian anak muda pada coffee shop di Banjarmasin. Store atmosphere merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.


Kata kunci: Store Atmosphere, Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Coffee Shop.

Article Details

References

  1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Berman, Barry and Joel R. Evans. (1992). Retail Management. Fifth Edition. USA: Macmilan Publshing Company.
  3. Barry Berman dan Joel R. Evans. (2014). Retail Management Dialih bahasakan oleh Lina Salim, 12 th. Edition. Pearson. Jakarta.
  4. Berry, Parasuraman dan Zeithaml, V.A. (1988). A Multiple-item Scale for Measuring Customer Perceptions for Service Quality. Jurnal Ritel.
  5. Charles Lamb, W.et.al. (2001). Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.
  6. Engel, et al. (2000). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Binarupa Aksara. Jakarta.
  7. Fosterr, Bob. (2008). Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
  8. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  9. https://www.femina.co.id/biznews/konsumsi-kopi-tinggi-ini-prediksi-prospek-bisnis-kedai-kopi-pada-tahun-2020, diakses pada tanggal 16 September 2021 pukul 15.00 WITA.
  10. https://www.ico.org/prices/new-consumption-table.pdf, diakses pada 15 September 2021 pukul 22.00 WITA.
  11. https://ntb.bkkbn.go.id/?p=1467, diakses pada 29 September 2021 pukul 00.00 WITA.
  12. Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  13. Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
  14. Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit; Erlangga. Jakarta
  15. Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
  16. Kotler, Keller, (2012). Marketing Management, 14th, Person Education.
  17. Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
  18. Kotler, Philip (2009), Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.
  19. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh: Benyamin Molan. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Indeks.
  20. Kuncoro, Mudrajad. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
  21. Levvy, Michaeil and Barton Weitz. (2001). Retailing Management. International Edition. New York: McGraw-Hill.
  22. Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  23. Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  24. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
  25. Sugiyono. (2010.) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  26. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  27. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
  28. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
  29. Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi ke dua. Penerbit Andi, Yogyakarta.
  30. Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
  31. Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta: Andi.
  32. Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
  33. Tjiptono, Fandy. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  34. Tjiptono, Fandi dan Chandra Q. (2011). Service Quality and Satisfaction. Yogyakrta: Andi Offset.
  35. Widiyanto, Ibnu. 2008. Pointers: Metodologi Penelitian. BP Undip, Semarang