Main Article Content
Abstract
Abstract: This study aims to determine and prove the effect of price and
distribution channels to the Banjarbaru area’s consumer’s purchasing decision on
PT Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch. The population in this study are
business customers from Banjarbaru area who purchase the product at PT.
Indomarco Adi Prima Banjarmasin branch, total at 104 business customers.
Sampling was conducted using purposive sampling, and sampling techniques
using Slovin formula with a total sample of 83 respondents. The analysis results
obtained in this study are that price and distribution channels both influence
consumer’s purchasing decision simultaneously and partially. The variable with
the strongest influence to consumer’s purchasing decision at PT. Indomarco Adi
Prima Banjarmasin Branch is variable price.
Keywords: price, distribution channels, consumer’s purchasing decision
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh
harga dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen bisnis
wilayah Banjarbaru pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen bisnis wilayah Banjarbaru yang membeli
produk pada PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin yang berjumlah 104
konsumen bisnis. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan sampling
purposive, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga dan variabel saluran distribusi sama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun secara parsial. Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Indomarco Adi Prima cabang Banjarmasin adalah variabel harga.
Kata kunci : harga, saluran distribusi, keputusan pembelian konsumen