Main Article Content

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the influence of staff performance, and
effectiveness to the satisfaction of rural communities in Kramat Jegu village
Taman District, Sidoarjo Regency. This study is a non-experimental study
conducted using questionnaires in Kramat Jegu village Taman District, Sidoarjo
Regency, with the 390 respondents as research’s samples. The analysis used in
this study is the regression analysis. Based on the results of the analysis, it can be seen that staff performance, and effectiveness simultaneously and partially have positive effect on people's satisfaction in Kramat Jegu Sidoarjo. Findings of this research shows that Kramat Jegu village Taman District, Sidoarjo Regency
officials must always keep up their good performance and effectiveness to create a satisfactory service to the villagers.

Keywords: performance, work effectiveness, community satisfaction

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja staf dan
efektivitas kerja terhadap kepuasan masyarakat Desa Kramat Jegu Kecamatan
Taman Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner di Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, dengan 390 responden sebagai sampel penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa kinerja staf dan efektivitas kerja secara simultan maupun parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Desa Kramat Jegu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo harus terus mempertahankan kinerja dan efektivitas dari aparatnya untuk menciptakan pelayanan terhadap masyarakat desa yang memuaskan.

Kata kunci: kinerja, efektivitas kerja, kepuasan masyarakat

Article Details