Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat karyawan di PT. Smart Tbk Perwakilan Banjarmasin dalam berinvestasi di pasar modal yang terdiri atas manfaat investasi (X1), risiko investasi (X2), return investasi (X3), modal investasi minimum (X4), motivasi (X5), dan pendapatan (X6). Rancangan penelitian secara kuantitatif dengan jenis penelitian inferensial. Subjek penelitian ini adalah karyawan dan staf yang bekerja di PT. Smart Tbk Perwakilan Banjarmasin. Dengan menggunakan alat statistik SPSS 29, regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel terhadap minat karyawan dalam investasi di pasar modal. Penelitian ini melibatkan 108 responden yang bekerja di PT. Smart Tbk Perwakilan Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat karyawan dari sisi manfaat dan resiko investasi berpengaruh negatif terhadap investasi pasar modal. Sebaliknya pendapatan berpengaruh signifikan terhadap minat karyawan untuk berinvestasi di pasar modal. Variabel hasil investasi, modal minimum investasi, dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat karyawan berinvestasi di pasar modal. Variabel yang berpengaruh dominan adalah pendapatan.


Kata kunci: Minat Investasi, Pasar Modal, PT. SMART Tbk.

Article Details

References

  1. Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 05 (02), 179-211.
  2. Chabai, N. 2020. Pengaruh Motivasi Modal investasi dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah Dengan Pemahaman Investasi Sebagai Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Salatiga).
  3. Fridana, I.O, & Asandimitra N. 2020, Analisis Faktor yang Mempengaruhi keputusan Investasi (Studi pada mahasiswa di Surabaya). https:/doi.org/10.24912/jmiech.v4i2.8729.
  4. Handini, S., & Astawenitu, E. D. (2020). Teori Portofolio dan Pasar Modal Indonesia. Scopindo Media Pustaka. Surabaya.
  5. Hermawanti. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada mahasiswa Prodi Akuntansi STIE Widya Gama Lumajang).
  6. Irianto A. 2005. Born To Win, Kunci Sukses Yang Tak Pernah Gagal. Gramedia Pustaka Ilmu. Jakarta.
  7. Janardana, D. 2023, April 09. Apa Itu Return: Pengertian, Komponen, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Retrieved from Bizhare: https://www.bizhare.id/
  8. Jogiyanto, Hartono. 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi kesebelas. BPFE. Yogyakarta.
  9. Karima, Laili. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Melakukan Investasi di Pasar Modal Syariah. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
  10. Kartini, & Utami, L. D. 2016. Faktor Demografis, Personality Traits, dan Overconfidence (Survey terhadap Investor Saham di Yogyakarta). Jurnal Siasat Bisnis, 20, 181-196.
  11. Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. 201. Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Minimal Investasi dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi Pada PT. Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Akrual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2.
  12. OJK. 2016. Buku Saku Pasar Modal. Retrieved from ojk.go.id: www.ojk.go.id
  13. Riyadi, A. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  14. Tandelilin, E. 2010. Dasar-dasar Manajemen Investasi. In E. Tandelilin, Manajemen Investasi (pp. 1-34). Jakarta: http://repository.ut.ac.id/.
  15. Truong, T. 2006. Corporate Boards, Ownership and Agency Cost: Evidence. The Business Review, Cambridge, 5, 2-15.
  16. Yulianti, L. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi. Walisongo, 110-111.