Main Article Content

Abstract

Sekolah dasar sebagai intitusi pendidikan dasar memiliki sistem yang kompleks dan dinamis. Tujuan penelitia ini untuk menganalisis (1) peranan sistem terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan; (2) peranan informasi terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan; dan (3) peranan manajemen terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peranan sistem terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menunjukkan bahwa kualitas pendidikan sekolah dasar dilihat dari kualitas lulusannya (output), tidak hanya dipengaruhi oleh proses pendidikannya saja, tapi juga dipengaruhi oleh lulusan taman kanak-kanak (input) yang diterima belajar di sekolah dasar yang bersangkutan; (2) Peranan informasi terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menunjukkan bahwa orang tua murid sangat mengharapkan adanya informasi dari sekolah mengenai kemajuan belajar putra-putrinya. Dari sistem belajarnya. Dengan adanya informasi tersebut akan memudahkan bagi para orang tua untuk memberikan masukan-masukan kepada sekolah agar supaya kualitas sekolah dapat ditingkatkan; dan (3) Peranan manajemen terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menunjukkan bahwa sekolah tanpa dukungan masyarakat tidak akan berjalan dengan sempurna. Masyarakat merupakan pilar penting bagi tumbuhnya sebuah sekolah berkualitas. Jadi, orang tua peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat wajib berperan serta dalam manajemen sekolah.


Kata kunci: Sistem, Informasi, Manajemen, Kualitas Pendidikan, Sekolah Dasar

Article Details

References

  1. Adnan. 2018. “Pendekatan Sistem dalam Pendidikan”. Jurnal Edupedia, Vol.3, No.2.
  2. Amirin, Tatang M. 2017. Pokok-Pokok Teori Sistem. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Amsyah, Zulkifli. 2017. Manajemen Sistem Informasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
  4. Ashan, H.H. Mc. 2018. Comprehensive Planning for School Administrations. Advocate Publishing Group. USA.
  5. Danim, Sudarwan. 2018. Visi Baru Manajemen Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.
  6. Davies, Ivon K. 2018. Thale Management of Learning. McGrow, HALill Book Company. London.
  7. Eastabrook, Leight. 2017. Libraries In Post Idustrial Socienty: A Neal-Schuman Book. Oryx Press. Phoenix.
  8. Fattah, Nanang. 2016. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. C.V. Pustaka Bani Quraisy. Bandung.
  9. Glaser, William. 2017. Thale Quality School Teachler. Halarpen Perenial. New York.
  10. Hoy, Charles. 2019. Improving Quality in Education. Kogan Page. London.
  11. Idris, Zahara dan Lisma Jamal. 2018. Pengantar Pendidikan. PT Gramedia Widia Sarana. Jakarta.
  12. Immegart, Glenn L dan Francis J. Pilecki. 2016. An Intoduction to Systems for to Educational Administrator. Addison Wesley Publishing Company. California.
  13. Jerone dan Arcaro. 2016. Pendidikan Berbasis Mutu. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
  14. Koerniantono, M.E. Kakok. 2018. “Pendidikan sebagai Sebuah Sistem”. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, Vol.II, No.3.
  15. Lalo, Bikika Tariang. 2018. Information Needs, Information Seeking Behviour and User. Ess Publication. New Delhi
  16. Mastuhu. 2017. Dinamika Sistem Pendidikan Sekolah. Jakarta: INIS.
  17. Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2014. Analisis dan Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
  18. Mohrman, SA, P. Wohlstetter & Assiciates. 2016. School-Based Management: Organizing for High Performance. San Francisco: Jossey-Bass Publisher.
  19. Moleong, L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
  20. Mulyadi, Total. 2018. Quality Management; Prinsip Manajemen Kontemporer untuk Mengarungi Ungkungan Bisnis Global. Yogyakarta: Aditya Meia.
  21. Mulyasa, E. 2017. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  22. Nahrowi, Moh. 2019. “Manajemen Mutu Sekolah Dasar”. Jurnal Auladuna, Vol.01, No.01.
  23. Nilhuda, Lisa. 2019. “Peranan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan”. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol.III, No.1.
  24. Nur, Muhammad, Cut Zahri Harun dan Sakdiah Ibrahim. 2016. “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie”. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.4, No.1.
  25. Nurkuntari, Yuni. 2017. “Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Kota Semarang”. Jurnal Manajemen Pendidikan Unimus, Vol.II, No.6.
  26. Nurlaelah, Ericka. 2017. “Pengembangan Sistem Informasi dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal Manajemen Mercu Buana, Vol.V, No.3.
  27. Pendit, Putu Laxman. 2017. Penelitian Ilmu Perpustakaan dalam Informasi Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Matodologi. Jakarta: JIPFSUL.
  28. Prangbakat, Didik. 2018. Meningkatkan Mutu Pengelolaan Sekolah Dasar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  29. Rohiat. 2019. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. PT. Refika Aditama. Bandung.
  30. Sagala, Syaiful. 2019. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
  31. Soebahar. 2018. Pendidikan Islam dan Trend Masa Depan. Pena Salsabila. Jember.