Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan berdasarkan hasil analisa SWOT dalam meningkatkan penjualan mobil produk Daihatsu oleh PT. Tri Mandiri Selaras di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Populasi pada penelitian ini Karyawan PT. Tri Mandiri Selaras di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 27 orang. Sampel ditarik secara purposive sampling: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan mobil masih mengalami kendala dalam artian kurang maksimal menerapkan strategi bauran pemasaran 7 P yaitu: keterbatasan produk yang ditawarkan, harga belum mampu bersaing, tidak adanya anak cabang perusahaan, promosi yang digunakan masih terbatas, belum didukung SDM yang berkualitas, process (proses) pengiriman lamban dan physical evidence (tampilan fisik) belum didukung oleh ruang yang memberikan kenyamanan. Strategi pemasaran berdasarkan hasil analisa SWOT dalam meningkatkan penjualan mobil dengan cara menambah produk yang ditawarkan, harga bersaing disertai dengan pomotongan atau diskon dalam pesanan yang besar, membuka anak cabang perusahaan pada wilayah yang potensial, menambah jaringan promosi yang digunakan melalui media sosial, proses pengiriman mobil untuk jarak jauh dengan car carier trailer serta tampilan fisik ruangan didesain dengan baik
Kata kunci: strategi pemasaran, penjualan, mobil
Article Details
References
- Akbar, H.Y. dan Helmiawan, A..M. 2019. Penerapan Strategi Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Dealer Mobil Toyota, Daihatsu dan Honda Bandung. Jurnal Online
- Fatihudin. D dan Firmansyah, A.F. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV Budi Utama. Yogyakarta.
- Hamyat, H., Suharlian, Sugandi, I. 2020. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Mobil Daihatsu Xenia dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Karisma Sentosa di Kota Kendari. Jurnal Online
- Hururiyati, R. 2017. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta. Jakarta.
- Kasmiati, M., Nuuridha dan Nurliati. 2020. Perbandingan Efektifitas Penjualan Mobil Daihatsu Menggunakan Media Facebook Dan Media Brosur Di Sangatta. Koliq, Rendra, Jamanudin. 2017 Strategi Promosi Pada Yamaha Mataram Sakti Jepara. Jurnal Online.
- Kereh, F., Tumbel, A.L., dan Loindong, S.R. 2018. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Marketing Motor Yamaha Mio pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
- Kotler, P, dan Armstrong, G. 2017. Principles of Marketing. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall: United States of America.
- Kotler, P. 2018. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium, Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.
- Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Embat. Jakarta.
- Rangkuti, F. 2017. Personal SWOT Analysis. Gramedia. Jakarta.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ketujuh. CV Alphabeta. Bandung
- Sukirno, S. 2017. Pengantar Bisnis. Prenada Media. Jakarta.
- Tjiptono, F., dan Santoso. 2018. Riset Pemasaran. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
- Untari, S.N., Djaja, S., dan Widodo, J. 2020. Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu pada Dealer Daihatsu Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2).
References
Akbar, H.Y. dan Helmiawan, A..M. 2019. Penerapan Strategi Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Dealer Mobil Toyota, Daihatsu dan Honda Bandung. Jurnal Online
Fatihudin. D dan Firmansyah, A.F. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. CV Budi Utama. Yogyakarta.
Hamyat, H., Suharlian, Sugandi, I. 2020. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Mobil Daihatsu Xenia dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Karisma Sentosa di Kota Kendari. Jurnal Online
Hururiyati, R. 2017. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV. Alfabeta. Jakarta.
Kasmiati, M., Nuuridha dan Nurliati. 2020. Perbandingan Efektifitas Penjualan Mobil Daihatsu Menggunakan Media Facebook Dan Media Brosur Di Sangatta. Koliq, Rendra, Jamanudin. 2017 Strategi Promosi Pada Yamaha Mataram Sakti Jepara. Jurnal Online.
Kereh, F., Tumbel, A.L., dan Loindong, S.R. 2018. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Marketing Motor Yamaha Mio pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Kotler, P, dan Armstrong, G. 2017. Principles of Marketing. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall: United States of America.
Kotler, P. 2018. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium, Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.
Lupiyoadi, R. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Embat. Jakarta.
Rangkuti, F. 2017. Personal SWOT Analysis. Gramedia. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ketujuh. CV Alphabeta. Bandung
Sukirno, S. 2017. Pengantar Bisnis. Prenada Media. Jakarta.
Tjiptono, F., dan Santoso. 2018. Riset Pemasaran. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Untari, S.N., Djaja, S., dan Widodo, J. 2020. Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu pada Dealer Daihatsu Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2).