Main Article Content
Abstract
Abstract: Shopping lifestyle have significant role on creating purchase behavior consumer. The growing internet makes consumer use their mobile applications to searching information. Instagram is one of the choices for consumers to shop. This research tried to understand influence of shopping lifestyle and social media Instagram to purchase of product online on women working in Banjarmasin City, South Kalimantan. The population of this research are working wamen in Banjarmasin City, with 100 respondents woman and chosen with simple random sampling. The results of this research shows that shopping lifestyle and social media instagram simultaneously have a significant influence on purchase online, but partially only social media Instagram have a significant influence on purchase online.
Â
Keywords: Shopping Lifestyle, Social Media, Instagram, Decision Purchase Online, Banjarmasin City
Â
Abstrak: Faktor shopping lifestyle memiliki peran penting dalam menciptakan perilaku pembelian konsumen. Internet yang semakin berkembang membuat konsumen menggunakan aplikasi handphone dalam mencari informasi. Instagram menjadi salah satu sarana pilihan bagi konsumen dalam berbelanja. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle dan media sosial Instagram terhadap pembelian produk secara online pada wanita bekerja di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Populasi penelitian ini adalah wanita bekerja yang tersebar di Kota Banjarmasin, dengan 100 orang diambil sebagai sampel dan dipilih dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping lifestyle dan media sosial Instagram secara simultan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian online, namun secara parsial hanya media sosial Instagram yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian online pada wanita bekerja di Kota Banjarmasin.
Â
Kata kunci : Fashion Lifestyle, Media Sosial, Instagram, Keputusan Pembelian Online, Kota Banjarmasin