Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi akuntasi penerimaan dan pengeluaran kas serta pengelolaan aset yang sedang berjalan pada Yayasan Pendidikan Bina Ilmu Banjarmasin sesuai dengan Sistem Pengendalian Intern (SPI.)

Kerangka pemikiran  (teoritis) penelitian ini adalah menganalisis Sistem Informasi Akuntansi yang berjalan pada lembaga pendidikan, yaitu dengan menganalisis informasi yang diperlukan manajemen, fungsi yang terkait, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan, dan bagan alir dokumen (flowchart.

Temuan dan hasil penelitian ini adalah bahwa Yayasan Pendidikan Bina Ilmu (YPBI) Banjarmasin  selama pencatatan dalam penerimaan dan pengeluaran kas maupun pengelolaan asetnya sudah terkomputerisasi namun hanya menggunakan Ms.Excel. Kelemahan penerapan ini adalah membutuhkan waktu untuk proses pencatatan transaksi. Oleh karena itu dengan adanya program aplikasi yang dibuat pada penelitian ini diharapkan yayasan terbantu dalam menghasilkan laporan penerimaan, pengeluaran kas, laporan penyusutan aset dan kartu aset tetap secara efektif.

Article Details

References

  1. Adetokunbo A.A. Adenowo, B. A. A. (2013). Software Engineering Methodologies: A Review of the Waterfall Model and Object-Oriented Approach. International Journal of Scientific & Engineering Research, 4(7), 427–431.
  2. Baridwan, Z. (2011). Intermediate Accounting (8th ed.). Yogyakarta: Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM.
  3. IAI. (2017). Standar Akuntansi Keuangan (1st ed.). IAI.
  4. Kieso, Donald E, Wygandt, Jerry J, Warfield, T. D. (2010). Intermediate Accounting (13th ed.). John Wiley & Sons Inc, Asia.
  5. Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Salemba Empat.
  6. Mulyani. (2016). Sistem Informasi Rumah Sakit : Analisis dan Perancangan Bandung. Abdi Sistematika.
  7. Pasaribu, N. (2005). Akuntansi Keuangan Yayasan Dan Lembaga Nirlaba Sejenis. Jakarta: Salemba Empat.
  8. Pawirosumarto, S. (2008). Aplikasi Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  9. Shatu, Y. P. (2016). Kuasai Detail Akuntansi Perkantoran (1st ed.). Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta.