Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa dalam penggunaan aplikasi mobile transportasi online. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 orang mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aplikasi mobile transportasi online. secara parsial variabel bauran pemasaran produk, distribusi, promosi, proses dan orang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel price harga dan fasilitas fisik tidak mempengaruhi dalam melakukan keputusan pembelian pada aplikasi mobile transportasi online. variabel yang berpengaruh paling dominan di antara variabel lain terhadap keputusan pembelian yaitu produk.
Article Details
References
- Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Chan, Ariani, et, al., 2017. Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Gojek dan Grab (Studi Pada Konsumen PT Gojek dan PT Grab Indonesia Di DKI Jakarta). Jurnal AdBispreneur Vol 2, No.2.
- Dermawan, Berry, et, al., 2019. Pengaruh Price, Promotion, Dan People Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Vol. 8, No 3. Hal. 213-219
- Donni, Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
- Farida, Ida, et, al., 2016 Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online Vol.1, No.1, Hal: 31-40
- Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
- Hermawan, Kertajaya. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Hal. 30
- Jawapos, Menakar Plus Minus Regulasi Anyar Tarif Ojek Online, https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/13/05/2019/menakar-plus-minus-regulasi-anyar-tarif-ojek-online/ (diakses tanggal 3 Oktober 2019)
- Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2014, Principle of Marketing, 14th Edition, England : Pearson Education, Inc
- Kotler, Philip. & Kevin Lane Keller. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Managemen, 15th Edition, New Jersey:Pearson Education, Inc
- Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi
- (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
- Nitisusastro, Mulyadi, 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.
- Putra, Arfansyah, 2018. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Grab Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
- Saputra, Deni, 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran 4p (Produk, Price, Place Dan Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Aplikasi Transportasi Online
- Sopiah, Etta Mamang Sangadji, 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
- Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
References
Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Chan, Ariani, et, al., 2017. Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Gojek dan Grab (Studi Pada Konsumen PT Gojek dan PT Grab Indonesia Di DKI Jakarta). Jurnal AdBispreneur Vol 2, No.2.
Dermawan, Berry, et, al., 2019. Pengaruh Price, Promotion, Dan People Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Vol. 8, No 3. Hal. 213-219
Donni, Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Farida, Ida, et, al., 2016 Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online Vol.1, No.1, Hal: 31-40
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hermawan, Kertajaya. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Hal. 30
Jawapos, Menakar Plus Minus Regulasi Anyar Tarif Ojek Online, https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/13/05/2019/menakar-plus-minus-regulasi-anyar-tarif-ojek-online/ (diakses tanggal 3 Oktober 2019)
Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2014, Principle of Marketing, 14th Edition, England : Pearson Education, Inc
Kotler, Philip. & Kevin Lane Keller. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016, Marketing Managemen, 15th Edition, New Jersey:Pearson Education, Inc
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi
(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Nitisusastro, Mulyadi, 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.
Putra, Arfansyah, 2018. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Grab Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Saputra, Deni, 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran 4p (Produk, Price, Place Dan Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Aplikasi Transportasi Online
Sopiah, Etta Mamang Sangadji, 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.