Main Article Content

Abstract

Abstrak : Jenis penelitian yang dilakukan penulis untuk menunjukkan pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mewawancarai informan sebanyak 5 orang untuk memberikan hasil dalam analisis penelitian dan pembahasan.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 dalam meningkatkan minat masyarakat pada pensertifikatan tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarbaru selama ini sudah dilaksanakan secara efektif meliputi tujuan yang hendak dicapai dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), keefektivan kegiatan pelaksanaan, sarana dan prasarana pendukung program serta pelaksanaan program sesuai planning. Namun dalam penerapan efektivitasnya dilapangan masih terdapat kendala seperti jumlah pegawai yang dimiliki masih belum mencukupi khususnya dalam pengukuran bidang tanah masih kurang dan Partisipasi masyarakat untuk menjaga dan mengelola tanah yang dimilikinya sangat kurang.Efektivitas Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 dalam meningkatkan minat masyarakat pada pensertifikatan tanah di Badan Pertanahan Nasional yang seharusnya dapat dilaksanakan dengan meniadakan kendala yang ada dengan langkah yakni menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM)/petugas-petugas yang lebih mampu atau lebih memahami prosedur pelaksanaan program dan perlu ditingkatkan lagi kegiatan sosialisasi ke masyarakat. Jangan hanya sebatas masyarakat yang dapat dijangkau oleh kepala lingkungan saja, tetapi kepada seluruh masyarakat.


Kata Kunci : Efektivitas, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap


 


Abstract : The research type that be done writer to to show approach to research this is descriptive research with to interview informan many 5 people to to give it result in analysiical research and discussion. This research can to be concluded that effectivity of Program the Systematic Soil Registration Complete (PTSL) Year 2018 in to level it the society interest to soil pensertifikatan in the Riceal Soiling Body Banjarbaru's City this as long as already to be executed according to effective to cover aim that want be reached in the Systematic Soil Registration-program Complete (PTSL), execution keefektivan activity, tool and infrastructure program supporter also program execution according to planning. But in efectivity implement in wide widen still got obstacle like the employee number that to be have still yet to suffice specially in soil field measuring still less and society Participation to to watch and to manage soil that to own it very less. Effectivity of Program the Systematic Soil Registration Complete (PTSL) Year 2018 in to level it the society interest to soil pensertifikatan in the Riceal Soiling Body that its compeller can to be executed with to nothing it obstacle that exist with step that is to provide it Resource Human (SDM)/the operators that abler or more to understand program execution procedure and necessary to be leveled more socialization activity to society. Don't only the society limit that can be reached by environment head just, but to entire society.


Key Word : Effectivity, the Systematic Soil Registration-Program Complete

Article Details

References

  1. Arief, Muhtosim. 2016. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing
  2. Azwar, Azrul. 2016. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara
  3. Barata, 2013, Manajemen Pemerintah Dalam Perspektif Pelayanan Publik (Edisi 2). Mitra Wacana Media, Jakarta.
  4. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Dunn, William N. 2013. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
  6. Dulka, Harbani, 2014, Teori Administrasi Publik. Bandung, Alfabeta.
  7. Fuady, Dr. Munir, 2018. Metode Riset Hukum Pendekatan Teori dan Konsep. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
  8. Gaspersz, 2016, Manajemen Pemasaran (Terjemahan, Edisi Kedelapan). Salemba Empat, Jakarta.
  9. Habrani, Pasolong, 2015, Teori Administrasi Publik, Penerbit Alfabeta, Bandung
  10. Hoffman dan Beteson, 2013, Manajemen Pelayanan Publik di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta
  11. Keban, 2015, Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan, Citizen’s 7 Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
  12. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat, http://menpan.no14tahun2017.ac.id (23/10/2018)
  13. Mendelsohn, 2013, Manajemen suatu Pengantar. Jakarta:Pusat Pendidikan dan Studi Kesehatan Indonesia.
  14. Mukarom, Dr. H. Zaenal & Muhibudin Wijaya Laksana, 2016, Membangun Kinerja Pelayanan Publik, Bandung:CV. Pustaka Setia.
  15. Moenir, H A S, 2015, Manajemen Pelayanan Publik Umum di Indonesia, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
  16. Mowen, 2015, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-2. Jakarta:Prehalindo.
  17. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah.
  18. Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
  19. Ratmiko dan Atik Septi Winarsih, 2015, Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan, 7 Standar Pelayanan Minimal, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta
  20. Rahman,Dr.Hj. Mariati.2017.Ilmu Administrasi.Makassar:CV.Sah Media.
  21. Sarinah & Mardalena.2017.Pengantar Manajemen.Yogyakarta:CV.Budi Utama.
  22. Siagian, Sondang P.2013.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta:Bumi Aksara.
  23. Steers, Richard M.2015.Efektivitas Organisasi.Terjemahan Magdalena Jamin.Jakarta.Erlangga.
  24. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:CV. Alfabeta.
  25. , 2015, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  26. Supriyono. 2015. Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta: Erlangga.
  27. Syafri,DR. H. Wirman.2012.Studi Tentang Administrasi Publik.Jakarta. Erlangga
  28. Septiyan Eka Putra. Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Serang Kota pada tahun 2016
  29. Suryo Herwindo, Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo pada tahun 2013.
  30. Teguh, Hendra dan Ahmad Rusli, 2014, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Penerbit PT. Prehalindo, Jakarta
  31. Thoha, 2015, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
  32. Tjiptono, Fandy, 2014, Service, Quality and Satisfaction (Edisi 2). ANDI, Yogyakarta.
  33. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
  34. Zagladi, Arief Noviarrakhman, Fredy Jayen, Sutrisno dan Melania, 2018, Pedoman Penulisan Skripsi STIE Pancasetia Banjarmasin, Pancasetia, Banjarmasin