Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial serta pengaruh secara dominan variabel Ukuran Perusahaan (X1), Profitabilitas (X2), Solvabilitas (X3) dan Ukuran Perusahaan (X4) Terhadap Audit Delay (Y).


Jenis dari penelitian yang digunakan peneliti adalah peneitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara statistik, yakni menganalisa dengan berbagai dasar statistik dengan cara membaca tabel, grafik atau angka yang telah tersedia kemudian dilakukan beberapa uraian atau penafsiran dari data-data tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan aplikasi PSPP untuk menggambarkan fenomena atau karakteristik dari data. Adapun jenis uji yang digunakan dalam teknik analisis ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 61 perusahaan dengan penentuan sampel sebanyak 20 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling.


Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Umur Perusahaan (X1), Profitabilitas (X2), Solvabilitas (X3) dan Ukuran Perusahaan (X4) mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap Audit Delay (Y), dan Variabel Umur Perusahaan (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Profitabilitas (X2) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Solvabilitas (X3) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Ukuran Perusahaan (X4) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, serta variabel Umur (X1) Perusahaan memiliki pengaruh dominan terhadap Audit Delay pada perusahaan.


 


Kata Kunci : Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan dan Audit Delay.

Article Details