Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial serta pengaruh secara dominan variabel Peran dan Fungsi Pimpinan (X1), Pengetahuan Pimpinan (X2), dan Gaya Kepemimpinan (X3) Terhadap Kinerja Guru SMP Di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara(Y).


Jenis dari penelitian yang digunakan peneliti adalah peneitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara statistik, yakni menganalisa dengan berbagai dasar statistik dengan cara membaca tabel, grafik atau angka yang telah tersedia kemudian dilakukan beberapa uraian atau penafsiran dari data-data tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk menggambarkan fenomena atau karakteristik dari data. Adapun jenis uji yang digunakan dalam teknik analisis ini adalah statistik deskriptif, pengujian model (Logistic Regresion) yang terdiri dari  penilaian mode Fit, penilaian Kelayakan Regresi dan penilaian Koefisien Determinasi dan dilanjukan dengan pengujian Hipotesa untuk mengetahui uji secara simultan, Partial dan Dominannya. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 33 orang Guru dengan penentuan sampel sebanyak 33 orang Guru dengan menggunakan metode Sensus Jenuh.


Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Peran dan fungsi pemimpin (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Babirik, Variabel pengetahuan pemimpin (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Babirik. Dan Variabel gaya Kepemimpinan (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Babirik, serta bebas yang mempengaruhi kinerja guru di Kecamatan Babirik secara dominan adalah variabel Gaya Kepemimpinan (X3) karena mempunyai nilai t hitung paling tinggi, yaitu sebesar 3,547  atau variabel yang memiliki nilai signifikan paling kecil yaitu 0,000.


 


Kata Kunci : Peran Pimpinan, Pengetahuan Pimpinan, Gaya Kepemimpinan, Kinerja

Article Details