Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa-siswi memilih kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) pada SMKN 3 Banjarmasin yang di tinjau dari Faktor Internal Dan Faktor Eksternal dan juga untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat siswa-siswi memilih kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) pada SMKN 3 Banjarmasin.


Metode analisis data menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali fakta tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Pada Smkn 3 Banjarmasin.


 


Hasil penelitian menunjukan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa-Siswi Memilih Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Pada SMKN 3 Banjarmasin Yang Di Tinjau Dari Faktor Internal Dan Faktor Eksternal. Faktor Internal rata-rata mengenai Motivasi adalah dengan kategori Kurang Baik, rata-rata pertanyaan mengenai cara belajar adalah dengan kategori Kurang Baik. Faktor Eksternal Rata-rata pertanyaan mengenai keluarga adalah dengan kategori Tidak Baik. Rata-rata pertanyaan mengenai sekolah adalah dengan kategori Tidak Baik. Rata-rata pertanyaan mengenai masyarakat adalah adalah dengan kategori Tidak Baik. Secara keseluruhan minat siswa dalam Memilih Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata adalah kurang. Upaya Meningkatkan Minat Siswa-Siswi Memilih Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Pada SMKN 3 Banjarmasin. Dengan melakukan Perencanaan program praktik kerja Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata. Kemudian melakukan Pengorganisasian yang ada dalam program praktik Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata tertulis secara jelas dan melakukan evaluasi, apabila pihak sekolah menjalankan program Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.


 


 


Kata Kunci : Faktor, Minat

Article Details