Main Article Content

Abstract

Abstrak: Yudi. Rahman dkk. 2021. Pengaruh Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, dan (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh dominan diantara variabel belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD.


Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional. Jenis data yang digunakan adalah  kuantitatif, sedangkan sumber data adalah  sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan akuntabilitas kinerja instansi Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu periode 2013-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Sampel yang diambil adalah laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) selama tahun 2013-2020 berupa pengeluaran pemerintah daerah yaitu belanja langsung dan tidak langsung serta laporan kinerja keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.


. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa belanja langsung dan belanja tidak langsung berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD. Secara parsial belanja langsung dan belanja tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD. Belanja tidak langsung merupakan variabel dominan yang mempengarui kinerja keuangan pada Sekretariat DPRD


Kata Kunci: Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, Kinerja Keuangan

Article Details