Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran usaha coffee shop Grandmi Official di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah owner, karyawan dan konsumen Grandmi Official.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kekuatan yaitu lokasi yang strategis, menawarkan layanan antar gratis dan harga terjangkau, serta menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sedangkan kelemahannya adalah fasilitas yang masih kurang lengkap dan kurangnya promosi. Pada peluang yang dimiliki memanfaatkan media sosial Instagram untuk promosi, kualitas produk diakui oleh konsumen dan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. dan ancamannya yang dimiliki ialah banyaknya coffee shop lain yang menjadi pesaing dan harga bahan baku yang tidak stabil. Strategi yang dapat diterapkan adalah lokasi strategis yang dapat menarik lebih banyak konsumen, meningkatkan layanan pesan antar di masa pandemi ini, memproduksi kemasan kaleng, menambah fasilitas pendukung seperti AC dan WiFi, serta memperluas target pasar.
Kata Kunci :analisis SWOT, strategi pemasaran, marketing mix