Main Article Content

Abstract

The purpose of this study was to determine which variables affect taxpayer compliance at UPPD Samsat Batulicin. The sample in this study is the people who carry out management at UPPD Samsat Batulicin as many as 384 people. The method used in this study is quantitative data analysis techniques which are processed using SPSS Version 26 app The results of this study are where knowledge, awareness, satisfaction, service quality, tax socialization, E-Samsat and Sanctions have a simultaneous and partial effect on taxpayer compliance at UPPD Samsat Batulicin, the most dominant variable in this study is satisfaction, it is proven from beta coefficient analysis.


Keywords: Knowledge, Awareness, satisfaction, service quality, tax socialization, E-Samsat, Sanctions, Taxpayer Compliance


 


 

Article Details

References

  1. Angkoso, Berly (2010). Pengaruh reformasi Administrasi Perpajakan, Pengetahuan Dasar Wajib Pajak Tentang Perpajakan, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Wilayah Jakarta Selatan. Skripsi. Tersedia dari : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Amalia, R (2021). Analisis Potensi Pajak dan Retribusi Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8 No. 1 Februari 2021
  3. Amrullah, S.(2011). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Pajak Dengan Kepuasan Masyarakat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Kudus. Skripsi. Tersedia dari Universitas Negeri Semarang
  4. Bordoastuti. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT.Sido Muncul Semarang. Skripsi. Tersedia dari STIE Widya Manggala
  5. Wardani, Dewi Kusuma (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, dan Sistem Samsat Drivethru, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat DriveThru Bantul. JURNAL AKUNTANSI VOL. 5 NO. 1 JUNI 2017
  6. Cendana, M & Pradana, B.(2021). Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Wajib Terhadap Kepatuhan Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Bina Akuntansi, Januari 2021, Vol.8 No.1 Hal 22 - 33
  7. Condro, T.P. (2018). Pengaruh Tingakat Kesadaran dan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pda Samsat Malang Kota.Skripsi. Tersedia dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  8. Ertadha dkk (2020) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta.e- jurnal: http://journal.univpancasila.ac.id/index .php/RELEVAN. RELEVAN Vol 1 (1) (November 2020) hal: 24 – 34
  9. Fatmawati,S. (2018). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermototor pada Kantor Samsat Medan Selatan.Skripsi. Tersedia dari Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
  10. Fitria, N.L. (2016). Pengaruh Sistem Perpajakan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal Imu dan Riset Akutansi : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016
  11. Haidir,Ir (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Telkom Flexi di PT.Telekomunikasi Indonesia Kota Semarang. Tesis. Tersedia dari Universitas Diponegoro Semarang
  12. Ilhamsyah, dkk (2016) Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kialitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 8 No. 1 2016
  13. Irine, 2009 Pemasaran Modern, Amus, Yogyakarta.
  14. Kamus Besar Bahasa Indonesia https://kbbi.web.id/pelayanan di akses 03 September 2021
  15. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.(2021).Jakarta Diaskes dari https://www.kemenkeu.go.id/publikasi
  16. /berita/selama-pandemi-apbn- merupakan-penyokong-ekonomi- indonesia/
  17. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.(2021).Jakarta Diaskes dari https://www.kemenkeu.go.id/publikasi
  18. /berita/pendapatan-negara-juli-2021- tumbuh-positif/
  19. Kumala, Ratih (2019). Analisis Efektifitas Pajak Reklame dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah di Kota Bekasi. Jurnal Reformasi Administrasi. Vol. 6, No. 1, Maret 2019, pp. 38-41
  20. Kusuma, Ferdinandus (2017). Pengaruh Pemahaman Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Jakarta Timur. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akutansi dan Keuangan Publik Vol.12 No. 2 Juli 2017 Hal: 157-172
  21. L. Wuryanto, U. Sadiati, M.N. Afif, (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. JURNAL AKUNIDA ISSN 2442-3033 Volume 5 Nomor 2, Desember 2019
  22. Maharani, Indah Sri, (2015). Pengaruh Self Assesment System, Tingkat Pendidikan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Pekanbaru. Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015
  23. Mardiasmo (2016). Perpajakan. Yogyakarta: Salemba Empat
  24. Milati, Nila (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Indomaret di Wilayah Sumbersari Jember. Skripsi. Tersidia dari : Universitas Jember 2016.
  25. Muliari dan Setiawan, (2009). Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Skripsi. Tersedia dari : Universitas Udayana
  26. Mustaqiem (2014). Perpajakan dalam Konteks Teori dan Hukum Pajak di Indonesia. Yogyakarta : Mata Padi Presindo
  27. Ni Luh, S (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmiah Akutansi dan Bisnis. Vol 4 No2 (2009).
  28. Nirajenani, Cokorda Istri Putra dan Aryani M, Ni Kt. Lely (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.24.1.Juli (2018): 339-369
  29. Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  30. Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011.Tentang Pajak Daerah Provinsi Kalimantan Selatan
  31. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman standar Pelayanan
  32. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
  33. Putra, I Made Adi Darma dan Jati, I Ketut (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermototr di Kantor Bersama Samsat Tabanan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.18.1. Januari (2017): 557-587
  34. Priambodo, P (2017). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Purworejo. Skripsi. Tersedia dari: Universitas Negeri Yogyakarta.