Main Article Content

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan melakukan proses perhitungan rasio pada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Baritob dan menilai kinerja keuangan dengan menganalisis dari hasil perhitungan rasio pada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito Kota Banjarbaru.


Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan perhitungan-perhitungan terhadap data keuangan yang diperoleh untuk memecahkan permasalahan yang ada dengan menggunakan Analisis Pengukuran Kinerja Anggaran Belanja, Rasio Efektifitas, Rasio Efisiensi serta  Rasio Keserasian.


Hasil analisis pada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito Kota Banjarbaru selama lima tahun berturut-turut yaitu pada periode 2016-2021. Menyatakan bahwa Efektivitas Kinerja Keuangan dikategorikan Efektif dan menunjukkan bahwa kinera keuangan tergolong baik dalam merealisasikan anggaran yang telah direncanakan. Tingkat efisiensi anggaran belanja tergolong sangat baik karena pada tahun 2016-2018 memiliki kriteria efisien dan tahun 2019-2020 memiliki kriteria sangan efisien. Rata – rata rasio belanja operasi lebih besar dari rasio belanja modal artinya dana diprioritaskan untuk kebutuhan belanja operasi hal ini menunjukkan bahwa dana lebih condong pada pengeluaran-pengeluaran rutin.


Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Rasi Belanja Operasi, Rasio, Rasio Belanja Modal, Balai    Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito Kota   Banjarbaru

Article Details