Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anggrek Meratus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penyusunan dan penulisan yang dikemukakan sebagaimana adanya sehingga tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dan dianalisis secara komparatif, dengan membandingkan data dari tahun sebelumnya sehingga data tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan konsep teoritis ilmu manajemen sumber daya manusia. Hasil penelitian ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan adalah dengan menjaga kebersihan di lingkungan PKBM Anggrek Meratus, menambah perlengkapan sarana pembelajaran, memberikan pembelajaran secara merata kepada semua siswanya, memberikan respon yang cepat dan tepat atas keperluan para siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan, lebih memahami dan mengerti dengan keinginan dari para siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat berdampak pada pemberian informasi atau masukan tambahan bagi PKBM Anggrek Meratus Kecamatan Sungai Pinang mengenai kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat belajar.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Siswa
Article Details
References
- Ahmad, N.S. 2011. Pendidikan dan Mayarakat. Sabda Media. Jakarta.
- Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Gava Media. Yogyakarta.
- Burns, M., Dimock, V., dan Martinez, D. 2000. “Technology Assistance Program into Learning”. Journal of Educational Development Laboratory, 3(2):1-12.
- Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan. Implementasinya. Gava Media. Yogyakarta.
- Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
- Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media. Komputindo. Jakarta.
- Jasfar, F. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Ghalia. Jakarta.
- Ketetapan MPR No. II/MPR/1993 tentang GBHN
- Kotler, P., dan Keller K.L. 2009. Marketing Management. Pearson Education, Inc. New Jewsey.
- Kyridis, A., dkk. 2011. “Educational Inequalities and School Droup in Greece”. International Journal of Education. 3(2):1-15.
- Lovelock, C., dan Wright L. 2002. Service Marketing and Management, Edisi. 2, Pearson Education, Inc. New Jersey.
- Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
- Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
- Muhadjir D. 2010. Dinamika kependudukan dan Penguatan Governance. Media Wacana. Yogyakarta.
- Nasution, W.M.H. 2017. “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Kualitas Pelayanan Pegawai Perpustakaan terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Medan Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
- Nawawi, H. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
- Panggabean, M.S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta.
- Peraturan No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Persekolahan Umum
- Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta Jakarta.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
- Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasi dalam Pemasaran, Edisi Revisi Ketujuh. Rineka Cipta. Yogyakarta.
- Tirtarahardja U., dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
- Tjiptono, F. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.
- Tjiptono F., dan Diana, A. 2001. Total Quality Management. Andi. Yogyakarta.
- Rusydi, M. 2017. Customer Exellence. Publishing. Yogyakarta.
- Todaro, M.P., dan Smith S.C. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi kedelapan Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
- Wens, T., dkk. 1992. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
References
Ahmad, N.S. 2011. Pendidikan dan Mayarakat. Sabda Media. Jakarta.
Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Gava Media. Yogyakarta.
Burns, M., Dimock, V., dan Martinez, D. 2000. “Technology Assistance Program into Learning”. Journal of Educational Development Laboratory, 3(2):1-12.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan. Implementasinya. Gava Media. Yogyakarta.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media. Komputindo. Jakarta.
Jasfar, F. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Ghalia. Jakarta.
Ketetapan MPR No. II/MPR/1993 tentang GBHN
Kotler, P., dan Keller K.L. 2009. Marketing Management. Pearson Education, Inc. New Jewsey.
Kyridis, A., dkk. 2011. “Educational Inequalities and School Droup in Greece”. International Journal of Education. 3(2):1-15.
Lovelock, C., dan Wright L. 2002. Service Marketing and Management, Edisi. 2, Pearson Education, Inc. New Jersey.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Muhadjir D. 2010. Dinamika kependudukan dan Penguatan Governance. Media Wacana. Yogyakarta.
Nasution, W.M.H. 2017. “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Kualitas Pelayanan Pegawai Perpustakaan terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Medan Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Nawawi, H. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
Panggabean, M.S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Peraturan No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Persekolahan Umum
Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta Jakarta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasi dalam Pemasaran, Edisi Revisi Ketujuh. Rineka Cipta. Yogyakarta.
Tirtarahardja U., dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Tjiptono, F. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono F., dan Diana, A. 2001. Total Quality Management. Andi. Yogyakarta.
Rusydi, M. 2017. Customer Exellence. Publishing. Yogyakarta.
Todaro, M.P., dan Smith S.C. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi kedelapan Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Wens, T., dkk. 1992. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.