Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anggrek Meratus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penyusunan dan penulisan yang dikemukakan sebagaimana adanya sehingga tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dan dianalisis secara komparatif, dengan membandingkan data dari tahun sebelumnya sehingga data tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan konsep teoritis ilmu manajemen sumber daya manusia. Hasil penelitian ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan adalah dengan menjaga kebersihan di lingkungan PKBM Anggrek Meratus, menambah perlengkapan sarana pembelajaran, memberikan pembelajaran secara merata kepada semua siswanya, memberikan respon yang cepat dan tepat atas keperluan para siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan, lebih memahami dan mengerti dengan keinginan dari para siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat berdampak pada pemberian informasi atau masukan tambahan bagi PKBM Anggrek Meratus Kecamatan Sungai Pinang mengenai kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat belajar.


 


Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Siswa

Article Details