Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan kartu kuning (AK.1) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi meliputi lima indikator yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu kuning (AK.1) agar meningkatkan kualitas pegawai yang memberikan pelayanan ketika melayani.


Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kartu Kuning (AK.1)

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
  2. Hardiyansyah. 2017. Kualitas Pelayanan Publik. Andi. Yogyakarta.
  3. Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
  4. Miles, M.B., dan Huberman, A.M. 2019. Qualitative Data Analysis (terjemahan). UI Press. Jakarta.
  5. Nazier, M. 2017. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.
  6. Ndraha, T. 2017. Teori Budaya Organisasi. Cetakan Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
  7. Pasal 1 Ayat 2 Bab 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. tentang Pelayanan Publik.
  8. Pasolong, H. 2021. Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta. Bandung:
  9. Santosa, P. 2018. Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi Good Governance. Bumi Aksara..Jakarta.
  10. Sinambela, L.P. 2017. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan. Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.
  11. Sudjana, N dan Ibrahim. 2017. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo. Bandung.