Main Article Content

Abstract

Penelitian diteliti karena melihat bank digital sebagai salah satu bank yang bersaing dengan bank lainnya. Serta sebagian nasabah adalah remaja yang memasuki masa dewasa. Khususnya nasabah yang berstatus sebagai mahasiswa terutama diruang lingkup UIN Antasari Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi  digital, citra merek, dan kepercayaan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin terhadap keputusan penggunaan aplikasi Bank Digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 orang, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda.


Hasil penelitian dari Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel literasi (X1), citra merek (X2), dan kepercayaan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan aplikasi bank digital dengan nilai Fhitung 20,648 > 2,72 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil Uji T menunjukkan bahwa literasi digital (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi bank digital dengan nilai Thitung 1,996 > 1,991 dan nilai sig 0,049 < 0,05. Citra merek (X2) berpengaruh positif  signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi bank digital dengan nilai Thitung 2,494 > 1,991 dan nilai sig 0,015 < 0,05. Kepercayaan  (X3) berpengaruh positif  signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi bank digital dengan nilai Thitung 2,127 > 1,991 dan nilai sig 0,037 < 0,05.


Keywords: Literasi Digital, Citra Merek, Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, Regresi Linear Berganda, Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Article Details

References

  1. Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. JURNAL MANAJEMEN, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.7259
  2. Beranda UIN Antasari Banjarmasin. (2023). Situs Resmi UIN Antasari. https://www.uin-antasari.ac.id/
  3. Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), Article 11. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856
  4. Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee): Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2330
  5. Izzuddin, M. G., & Ilahiyyah, I. (2022). Pengaruh User Interface, Brand Image, dan Digital Literacy terhadap Minat Penggunaan Bank Digital. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.994
  6. Khasanah, C. I., & Mustofa, N. H. (2022). Analisis Persepsi Nasabah, Kepercayaan dan Brand Image Terhadap Minat dan Keputusan Nasabah Menabung. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i2.104.93-111
  7. Rifa’i, K. (2020). Membangun Loyalitas Pelanggan. http://digilib.uinkhas.ac.id/693/1/BUKU%20MEMBANGUN%20LOYALITAS%20PELANGGAN%20OLEH%20Dr.%20KHAMDAN%20RIFA%E2%80%99I%2C%20SE.%2CM.Si.pdf
  8. Rudy Irwansyah, Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Prambudi Utomo, K., Barizki, A., Sri Lestari, A., Setyo Rahayu, D. W., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
  9. Sawlani, D. K. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE: KUALITAS WEBSITE, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN. Scopindo Media Pustaka.
  10. Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.