Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh sisi internal dan eksternal mahasiswa terhadap prestasi belajarnya di semester V diukur berdasarkan tingkat kompetensi dosen, metode pembelajaran, perilaku belajar dan lingkungan belajar.Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independent terhadap variabel dependent yaitu kompetensi dosen, metode pembelajaran, perilaku belajar dan lingkungan belajar sebagai variabel independent dan prestasi belajar sebagai variabel dependent. Penelitian ini dilakukan terhadap 33 orang mahasiswa reguler akuntansi semester VII atau angkatan 2016 di STIE Pancasetia Banjarmasin dengan menggunakan metode pengamatan langsung dan pengisian koesioner selama 2 minggu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independent berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependent, variabel perilaku belajar lah berpengaruh signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar mahasiswa dan juga memiliki pengaruh yang paling dominan diantara variabel independent yang lain.
Kata Kunci: Kompetensi Dosen, Persepsi terhadap Metode Pembelajaran, Perilaku Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi.