Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi pendamping dan motivasi belajar Penerima Program Keluarga Harapan secara simultan terhadap perubahan perilaku keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di di Kabupaten Tapin. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi pendamping dan motivasi belajar Penerima Program Keluarga Harapan secara parsial terhadap perubahan perilaku keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan di di Kabupaten Tapin.   3) Untuk mengetahui dan menganalisis dari variabel kompetensi pendamping atau motivasi belajar Penerima Program Keluarga Harapan yang berpengaruh dominan terhadap perubahan perilaku keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di di Kabupaten Tapin.


Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di Kabupaten Tapin pada tahun 2019 berjumlah 3671 Keluarga. Sampel dalam penelitian berjumlah 97 keluarga. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana


Berdasarkan pada hasil penelitian ini adalah: 1) Kompetensi pendamping dan motivasi belajar Penerima Program Keluarga Harapan berpengaruh secara simultan terhadap Perubahan Perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di Kabupaten Tapin.    2) Kompetensi pendamping dan motivasi belajar Penerima Program Keluarga Harapan berpengaruh secara parsial terhadap perubahan perilaku keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di di Kabupaten Tapin 3) Kompetensi pendamping berpengaruh dominan terhadap perubahan perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di di Kabupaten Tapin.   


Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi, Perubahan Perilaku

Article Details