Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh antusiasme masyarakat muslim Banjarmasin dalam membeli produk Crystal Bakery, yang menandakan ada variabel lain yang lebih dominan selain label halal dalam memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh simultan dan parsial dari kualitas pelayanan, variasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian masyarakat Banjarmasin di Crystal Bakery, serta untuk menentukan variabel yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian masyarakat Banjarmasin di Crystal Bakery. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Penetapan jumlah sampel didasarkan atas teori Lemeshow dengan menerapkan teknik purposive sampling sehingga didapati sampel sejumlah 70 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, serta program komputer SPSS V.22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, variasi produk dan citra merek memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan. Secara parsial, kualitas pelayanan dan variasi produk tidak berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian masyarakat Banjarmasin di Crystal Bakery adalah citra merek.

Article Details

References

  1. Alabdullah, T. T. Y., Awang, M. I., Sobirov, B., Multazam, M. T., & Wardana, M. D. K. (2023). Proceedings of the International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2022). Springer Nature.
  2. Ariani, A. P., & Arifin, K. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Roti di Arsila Bakery Tanjung. JAPB, 4(2), Article 2.
  3. Groover, M. P. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process, and System (4 ed.). Jhon Wiley and Sons, INC.
  4. Islamy, W. N. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Roti Tawar pada Toko Varia Rasa di Kota Banjarmasin [Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin]. https://idr.uin-antasari.ac.id/18666/
  5. Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12 ed.). Erlangga.
  6. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Erlangga.
  7. Kwok, S. Y., Jusoh, A., & Khalifah, Z. (2016). The influence of service quality on satisfaction: Does gender really matter? Intangible Capital, 12(2), 444. https://doi.org/10.3926/ic.673
  8. Pramesti, G. (2015). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. PT Elex Media Komputindo.
  9. Purwanto, A. B., & Risaputro, H. B. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Sari Roti di Kota Semarang). Riset Ekonomi, Akuntansi dan Perpajakan (REKAN), 2(1), 77–88.
  10. Putri, M., & Firmansyah, D. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus pada Home Industry Bintang Bakery Kabupaten Bireuen). VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14. https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1505
  11. Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs Lisrel. Salemba Empat.
  12. Sholikhah, E. T., Parsudi, S., & Nurhadi, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Lyly Bakery Lamongan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6440
  13. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
  14. Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Andi.
  15. Wanjiku Wambugu, H., & Musyoka, R. (2022). Factors Influencing Behavior of Bread Consumers in Kenya. International Journal of Managerial Studies and Research, 10(2), 1–7. https://doi.org/10.20431/2349-0349.1002001
  16. Yahyono, S. S. (2006). Kreasi Roti. PT Gramedia Pustaka Utama.