Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karya Sejahtera Desa Banyu Irang Kabupaten Tanah Laut.  Metode yang digunakan adalah kuantitatif diskriptif. Subjek penelitian ini terdapat objek penelitian, informan sebagai subjek penelitian yang dipilih adalah 10 orang anggota Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karya Sejahtera Desa Banyu Irang Kabupaten Tanah Laut dan 2 pesaing (kompetitor) usaha budidaya ikan tersebut. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil yang didapat dari analisis SWOT dapat diketahui bahwa nilai skor untuk faktor kekuatan adalah 2,01 dan untuk faktor kelemahan adalah 1,84 maka selisih dari nilai tersebut adalah 0,17, sedangkan nilai skor untuk faktor peluang adalah sebesar 2,12 nilai skor untuk faktor ancaman adalah sebesar 1,84 maka selisih tersebut adalah sebesar 0,84. Nilai-nilai selisih tersebut dapat membentuk titik koordinat adalah sebesar (0,17:0,84) sehingga didapatkan posisi kelompok pembudidaya ikan pada kuadran 1 dengan Strategi Agresif yang merupakan suatu menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan dan dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.


Kata kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan Ikan, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Article Details

References

  1. Assaury. 2018. Pengertian dan Mekanisme Pemasaran. Penerbit Pustaka Baru. Semarang.
  2. Arianto. 2021. Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital.(n.p): Airlangga Universitas Press. Surabaya.
  3. Buchari, Almad. 2018. Konsep Pemasaran, Edisi Ketiga. Penerbit Rajagrafindo. Jakarta.
  4. Bagus, Dwi Nugroho, Hartrisari Hardjomidjojo, dan Ma’mun, Sarma. 2017. Stategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar dan Ikan Hias Air Tawar pada Kelompok Mitra Posikadu Kabupaten Bogor. Ejournal-balitbang.kkp.go.id/indek.php/mra/article/view/11643
  5. Erlangga, Heri. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. (n.p): Pascal Books.
  6. Fuad, Purwanto. 2018. Manajemen Strategi. Yrama Widya. Bandung.
  7. Ihsan, M. N. 2019. Strategi Pemasaran Ikan Kakap Merah di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mina Lestari. SIGANUS: Journal of Fisheries and Marine Science, 1(1), 21-26.
  8. Kotler, P, & Keller, K. L. 2017, Komunikasi Pemasaran, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
  9. Kotler, Philip. 2019. Manajemen Pemasaran. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
  10. Manajemen Pemasaran. 2022. (n.p): Global Eksekutif Teknologi.
  11. Musa, A. A. 2021. Analisis Usaha Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Pembesaran Ikan Patin (Pangasius SP) (Studi Kasus Pada Perusahaan X) di Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
  12. Oskarlina, N. 2022. Strategi Pemasaran Ikan Salai di Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
  13. Panjaitan, Helova Leonard. Strategi Pemasaran Ikan Nila Hasil Budidaya Keramba Jaring Apung (Floating Net) (Studi Kasus: Desa Tongging dan Desa Sibolangit Kecamatan Merek, Kabupaten Karo). Diss. Universitas Sumatera Utara, 2011.
  14. Putra, E. 2013. Pola Pemasaran Ikan Keramba Jaring Apung Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Di Waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kota Panjang Kecamatan Kuok Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
  15. Syarafina, L. 2019. Strategi pemasaran usaha ikan lele di desa Alur Cucur kecamatan Rantau kabupaten Aceh Tamiang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
  16. Van Royensyah, R. 2013. Strategi Pemasaran Agribisnis Ikan Nila Dalam di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 3(1), 9-16.