Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama ini berjalan di SDN 1 Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut dan mengetahui pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya pada SDN 1 Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan data melalui observasi, wawancara, dengan 4 informan dan dokumentasi yang meneliti tentang dana bantuan operasional sekolah pada sekolah dasar negeri 1 Bentok Darat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada Sekolah Dasar Negeri 1 Bentok Darat selama ini dalam perencanaan RKAS Sekolah disusun oleh Tim anggaran sekolah namun belum terlibatnya komite sekolah. Pelaksanaan Dana BOS diawali dengan penyaluran Dana BOS SDN. Dana BOS diterima secara dua tahap. Pengambilan Dana BOS dilakukan oleh bendahara BOS dengan menunjukan dokumen yang dibutuhkan kepada bank penyalur. Pengawasan Pengelolaan Dana BOS dilaksanakan oleh pihak internal dan eksternal. Sekolah Dasar Negeri 1 Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut melaporkan Pengelolaan Dana BOS SD Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten, Provinsi, dan Pusat. Sekolah mempublikasikan ringkasan RKAS secara terinci dana yang diterima dan pengeluaran per tahun anggaran di papan pengumuman


 


Kata kunci: Pengelolaan Dana, Bantuan Operasional Sekolah, Sekolah Dasar Negeri

Article Details

References

  1. Tajidillah, Parid. 2020. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru.
  2. Siregar, Baldric. 2015. Akuntansi Sektor Publik. UPP STIM YKPN.Yogyakarta.
  3. Damanik, Pendawari. 2018. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
  4. Heriyati, Yeti dan Mumuh, Muhsin. 2018. Manajemen Sumber Data Pendidikan. Pustaka Setia. Bandung.
  5. Hidayat, Rahmad. 2019. Efektifitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi di SDN 44 Kota Bima). FISIP UM Mataram, 7 (2):93- 107.
  6. Muryati, Irene. 2019. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada SD Negeri di UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2): 237-246.
  7. Permes, Ida Bagus Made Soetra Isvara 2018. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Negeri 2 Belangka yang Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi). Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 8(2).
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS.
  9. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.