Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Motivasi dan variabel disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pengadilan Agama Kelas IB Martapura Kabupaten Banjar, Instansi pemerintahan yang beroperasional di bidang pelayanan untuk masyarakat pencari keadilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Pengadilan Agama Kelas IB Martapura Kabupaten Banjar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang yang diambil dari keseluruhan populasi yang terdiri dari pimpinan, pegawai PNS, dan pegawai honorer (PPNPN). Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 42 pegawai. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linear berganda dan uji statistik. Data penelitian dikumpulkan dari hasil responden dan analisis dengan regresi linear dan uji hipotesis. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pengadilan Agama Kelas IB Martapura Kabupaten Banjar dengan nilai t hitung sebesar (1,508<2,022), sedangkan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pengadilan Agama Kelas IB Martapura Kabupaten Banjar dengan nilai t hitung sebesar (2,951>2,002).


Kata kunci: Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Agustian, O. 2019. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Statistik (BPS) Kota Makassar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.
  3. Ayu, N. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Sahabat Mandiri Kesatria Palembang. Universitas Muhamadiyah Palembang.
  4. Azwina, D., & Muttaqin, F. R. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pengadilan Agama Kelas 1A di Kota Depok. Jurnal Disrupsi Bisnis, 123-133.
  5. Bachri, A. A. 2014. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pengadilan Agama Martapura. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 289-300.
  6. Fitriani, S. (2022). Bab II Landasan Teori 2.1 Kajian Pustaka. Retrieved from STIE Indonesia: http://repository stei.ac.id/8583/3/BAB%20II.pdf
  7. Hartono , T., Ilyas, Y., & Anwar, S. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan di PT BRP Sejahtera Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi, 220-237.
  8. Huluk, I. A. (2021). Bab ii Tinjauan Pustaka, Kerangka Berpikir, dan Hipotesis. Retrieved from Universitas Siliwangi: http://repositori.unsil.ac.id/4293/5/BAB%20II.pdf
  9. Kusuma, Oktavianto, H., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Persepsi Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dimediasi oleh Kepuasan Kerja pada Pegawai CV. TOP Seluler. Jurnal Manajemen Dewantara, 129-140.
  10. Kusumaningrum, D., & Sari, W. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian Wilayah II Kabupaten Gresik. GEMA Ekonomi Jurnal Fakultas Ekonomi, 54-59.