Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh secara simultan dan parsial serta Dominan dari variabel Pengendalian Intern, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Transparansi terhadap Akuntabilitas Kinerja Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan populasi sebanyak 67 orang pegawai. Oleh karena itu, teknik sampling yang digunakan adalah metode sensus, di mana seluruh populasi menjadi responden sebanyak 67 orang pegawai. Jenis data yang digunakan adalah data primer, yang dikumpulkan melalui kuesioner dan diukur dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan teknik Regresi Linier Berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21.0. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Pengendalian Intern, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Transparansi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Akuntabilitas Kinerja Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan dan Pengendalian Intern, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Transparansi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Akuntabilitas Kinerja Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan serta Pengendalian Intern merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap Akuntabilitas Kinerja Keuangan.


Kata kunci: Pengendalian Intern, Kejelasan Sasaran Anggaran, Transparansi, Akuntabilitas Kinerja Keuangan

Article Details

References

  1. Anwar, Sanusi. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba. Jakarta.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Revisi VI, PT Rineka Cipta. Jakarta.
  3. ________2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
  4. Dendawijaya, Lukman. 2012. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Jakarta.
  5. Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Sinar Grafika. Jakarta.
  6. Imawan .2012. Pelayanan Publik di Indonesia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
  7. Kurniawan, 2012. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaharuan. Yogyakarta.
  8. Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Salemba Empat. Jakarta:
  9. Lucas JR Henry. C, 2000. Analisis, Desain, dan Implementasi Sistem. Informasi. Edisi Tiga. Erlangga, Jakarta.
  10. Santoso, Singgih. 2005. Statistik Parametrik. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
  11. Siagian. P. Sondang .2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi. Aksara. Jakarta.
  12. Singarimbun, Masri .2010. Metode Penelitian Survai. Pustaka Belajar. Jakarta.
  13. Sritua, Arief .2012. Metodologi Penelitian Ekonomi. Universitas. Indonesia. Jakarta.
  14. Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  15. ________2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  16. Sularso, Sri. 2011. Metode Penelitian Akuntansi Sebuah Pendekatan. Gramedia. Jakarta.
  17. Umar, Husein, 2012. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.
  18. Warella. 2011. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik. Badan Penerbit. Universitas Diponegoro, Semarang.
  19. Wignjosoebroto, Sritomo. 2012. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Guna Widya. Surabaya.