Main Article Content
Abstract
Provinsi Sulawesi Barat merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang terus memacu perkembangan sektor pendidikannya. Dengan demikian persaingan di sektor pendidikan tinggi swasta menjadi semakin ketat sehingga dibutuhkan pemahaman yang tepat agar institusi dapat bersaing di sektornya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara brand digital image, brand trust dan brand love terhadap Loyalitas mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Sulawesi Barat yang belum pernah diteliti sebelumnya. Pendekatan penelitian ini adalah metode kuantitatif regresi berganda dengan penyebaran kuisioner menggunakan teknik proportionate random sampling kepada 404 responden yang merupakan mahasiswa aktif pada PTS di Provinsi Sulawesi Barat. Hasil penelitian menunjukkan brand digital image tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Brand trust dan brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa.
Kata kunci: brand digital image, brand trust, brand love, loyalitas, perguruan tinggi swasta
Article Details
Copyright (c) 2025 KINDAI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aji, D. S. K., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2020). Analisis pengaruh religiosity, service quality dan image terhadap customer loyalty dengan trust sebagai mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(1), 78–94. https://core.ac.uk/download/pdf/304918611.pdf
- Amelia, R., & Ayani, S. (2020). Optimalisasi membangun brand image terhadap customer loyalty melalui customer value dan customer retention sebagai variabel intervening. Ekonomi Bisnis, 26(1), 268–279. http://dx.doi.org/10.33592/jeb.v26i1.659
- Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Provinsi Sulawesi Barat. https://sulbar.bps.go.id/indicator/12/519/1/-proyeksi-penduduk-interim-2020-2023-jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-dan-jenis-kelamin-.html
- Bakshi, M., & Mishra, P. (2018). Influence of trust and affect on brand loyalty and brand performance: the case of Indian television news channels. In Digital Marketing and Consumer Engagement: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1554–1571). IGI Global. https://www.igi-global.com/chapter/influence-of-trust-and-affect-on-brand-loyalty-and-brand-performance/113453
- Barusman, A. R. P., & Ec, M. A. (2021). Model Kepuasan Mahasiswa. Penerbit Adab.
- Christian, I. D., Hayat, M., & Pakpahan, A. (2023). Pengaruh Brand Experiences terhadap Brand Loyalty yang Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Trust pada Konsumen Produk Olahraga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4607–4620. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4079
- Darmadi, R., Silitonga, P., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas perguruan tinggi melalui social media customer engagement dan kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 11–24. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3430
- Disastra, D. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.33365/smart.v1i2.1702
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
- Kaushal, V., & Ali, N. (2020). University reputation, brand attachment and brand personality as antecedents of student loyalty: A study in higher education context. Corporate Reputation Review, 23(4), 254–266. https://doi.org/10.1057/s41299-019-00084-y
- Kemdikbud. (2024). Metrik dan Skor Analitik . https://pemutu.kemdikbud.go.id/
- Mahendra, A. H., & Meranga, I. S. C. (2024). Anteseden Brand Love dan Implikasinya Pada Positive Ewom, Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Produk Kecantikan Ms Glow. Proceeding National Conference Business, Management, and Accounting (NCBMA), 7(1), 694–708. https://ojs.uph.edu/index.php/NCBMA/article/view/8800
- Mufaddol, A., Basalamah, M. R., & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Equity, dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Merek Erigo (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/19847
- Murti, B. (2011). Validitas dan reliabilitas pengukuran. Semarang: UNS.
- Murtiningsih, D., & Wahyudi, W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Perceived Value, dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa. Journal Of Management Judicious Volume 02 Issue, 2. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2
- Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand experience, perceived value, brand trust untuk memprediksi brand loyalty: Brand love sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184–193. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759
- Ramdani, N. A. (2020). Analisis Brand Image: Pada E-Commerce Tokopedia. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa. https://repository.paramadina.ac.id/355/
- Sallam, M. A. (2014). The effects of brand image and brand identification on brand love and purchase decision making: the role of WOM. International Business Research, 7(10), 187. http://dx.doi.org/10.5539/ibr.v7n10p187
- Salniza, B., Salleh, M., Mohammad, H., & Kasassbh, A. L. (2016). The role of brand credibility and brand uniqueness in influencing brand image. International Business Management, International Business Management Volume 10, Issue 21, 2016, Pages 5193-5200. https://makhillpublications.co/files/published-files/mak-ibm/2016/21-5193-5200.pdf
- Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Siswati, E., Iradawati, S. N., & Imamah, N. (2024). Customer Relationship Management dan Implementasinya pada Perusahaan Kecil. http://eprints.ubhara.ac.id/2380/
- Sri Rahayu, S. E. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap Dan Loyalitas Pembelian. Penerbit Adab.
- Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, N., Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., Anis Anshari, M., Herdiansyah, D., Supyansuri, C., & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
- Windiari, I., & Djumarno, D. (2021). The Effect of Service Quality, Customer Relationship Marketing, And Brand Image on Customer Loyalty And Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(6), 1048–1059. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i6.742
- Yousaf, A., Mishra, A., & Bashir, M. (2020). Brand trust, institutional commitment, and their impact on student loyalty: evidence for higher education in India. Studies in Higher Education, 45(4), 878–891. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1558441
- Yowana, R. (2022). Membangun Brand Religius Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Love Pada Perguruan Tinggi Islam di Kota Semarang [Universitas Islam Sultan Agung]. https://www.proquest.com/openview/b8449f6c5b765d69d6cd7efcd36ba188/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2026366&diss=y
References
Aji, D. S. K., Setyawati, S. M., & Rahab, R. (2020). Analisis pengaruh religiosity, service quality dan image terhadap customer loyalty dengan trust sebagai mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(1), 78–94. https://core.ac.uk/download/pdf/304918611.pdf
Amelia, R., & Ayani, S. (2020). Optimalisasi membangun brand image terhadap customer loyalty melalui customer value dan customer retention sebagai variabel intervening. Ekonomi Bisnis, 26(1), 268–279. http://dx.doi.org/10.33592/jeb.v26i1.659
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Provinsi Sulawesi Barat. https://sulbar.bps.go.id/indicator/12/519/1/-proyeksi-penduduk-interim-2020-2023-jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-dan-jenis-kelamin-.html
Bakshi, M., & Mishra, P. (2018). Influence of trust and affect on brand loyalty and brand performance: the case of Indian television news channels. In Digital Marketing and Consumer Engagement: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1554–1571). IGI Global. https://www.igi-global.com/chapter/influence-of-trust-and-affect-on-brand-loyalty-and-brand-performance/113453
Barusman, A. R. P., & Ec, M. A. (2021). Model Kepuasan Mahasiswa. Penerbit Adab.
Christian, I. D., Hayat, M., & Pakpahan, A. (2023). Pengaruh Brand Experiences terhadap Brand Loyalty yang Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Trust pada Konsumen Produk Olahraga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4607–4620. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4079
Darmadi, R., Silitonga, P., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas perguruan tinggi melalui social media customer engagement dan kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 11–24. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3430
Disastra, D. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.33365/smart.v1i2.1702
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Kaushal, V., & Ali, N. (2020). University reputation, brand attachment and brand personality as antecedents of student loyalty: A study in higher education context. Corporate Reputation Review, 23(4), 254–266. https://doi.org/10.1057/s41299-019-00084-y
Kemdikbud. (2024). Metrik dan Skor Analitik . https://pemutu.kemdikbud.go.id/
Mahendra, A. H., & Meranga, I. S. C. (2024). Anteseden Brand Love dan Implikasinya Pada Positive Ewom, Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Produk Kecantikan Ms Glow. Proceeding National Conference Business, Management, and Accounting (NCBMA), 7(1), 694–708. https://ojs.uph.edu/index.php/NCBMA/article/view/8800
Mufaddol, A., Basalamah, M. R., & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Equity, dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Merek Erigo (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/19847
Murti, B. (2011). Validitas dan reliabilitas pengukuran. Semarang: UNS.
Murtiningsih, D., & Wahyudi, W. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Perceived Value, dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa. Journal Of Management Judicious Volume 02 Issue, 2. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2
Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand experience, perceived value, brand trust untuk memprediksi brand loyalty: Brand love sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184–193. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759
Ramdani, N. A. (2020). Analisis Brand Image: Pada E-Commerce Tokopedia. Artikel Karya Ilmiah Mahasiswa. https://repository.paramadina.ac.id/355/
Sallam, M. A. (2014). The effects of brand image and brand identification on brand love and purchase decision making: the role of WOM. International Business Research, 7(10), 187. http://dx.doi.org/10.5539/ibr.v7n10p187
Salniza, B., Salleh, M., Mohammad, H., & Kasassbh, A. L. (2016). The role of brand credibility and brand uniqueness in influencing brand image. International Business Management, International Business Management Volume 10, Issue 21, 2016, Pages 5193-5200. https://makhillpublications.co/files/published-files/mak-ibm/2016/21-5193-5200.pdf
Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siswati, E., Iradawati, S. N., & Imamah, N. (2024). Customer Relationship Management dan Implementasinya pada Perusahaan Kecil. http://eprints.ubhara.ac.id/2380/
Sri Rahayu, S. E. (2021). Strategi Meningkatkan Loyalitas Sikap Dan Loyalitas Pembelian. Penerbit Adab.
Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, N., Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., Anis Anshari, M., Herdiansyah, D., Supyansuri, C., & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
Windiari, I., & Djumarno, D. (2021). The Effect of Service Quality, Customer Relationship Marketing, And Brand Image on Customer Loyalty And Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(6), 1048–1059. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i6.742
Yousaf, A., Mishra, A., & Bashir, M. (2020). Brand trust, institutional commitment, and their impact on student loyalty: evidence for higher education in India. Studies in Higher Education, 45(4), 878–891. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1558441
Yowana, R. (2022). Membangun Brand Religius Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Love Pada Perguruan Tinggi Islam di Kota Semarang [Universitas Islam Sultan Agung]. https://www.proquest.com/openview/b8449f6c5b765d69d6cd7efcd36ba188/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2026366&diss=y