Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak penggunaan TikTok Shop terhadap pertumbuhan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap dua pelaku UKM yang aktif menggunakan TikTok Shop dalam aktivitas bisnisnya. Studi menemukan bahwa penggunaan TikTok Shop memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan bisnis kecil, dengan  jumlah pelanggan meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan periode awal. Platform ini terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar di luar daerah asal dengan menyediakan konten kreatif dan fitur interaktif. Meskipun ada beberapa kendala, seperti kesulitan beradaptasi dengan pembaruan aplikasi dan memahami fitur-fitur baru, manfaatnya jauh lebih besar daripada kekurangannya dalam hal membantu para pelaku usaha kecil dan menengah mendigitalkan bisnis mereka dan memperluas pemasaran digital mereka. Studi ini juga menemukan bahwa kemampuan streaming langsung dan interaksi langsung dengan pelanggan memiliki dampak positif dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.


Kata kunci: TikTok Shop, UMKM, digitalisasi, pendapatan, pemasaran digital

Article Details

References

  1. Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Jurnal Ideas, 8(4), 1257-1266. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040
  2. Agustino, L., Ridhoni, M., & Nawawi, M. (2024). Pengaruh Pelatihan Digital Marketing terhadap Kebutuhan dan Tantangan Implementasi di Kalangan Wirausaha Muda Pemula di Banjarmasin. KINDAI, 20(3), 261-277. https://doi.org/10.35972/kindai.v20i3.1746
  3. Asshidqi, A. A., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM Lokal. Socius : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 149-156. https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058
  4. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
  5. Erlina, & Aribowo, H. (2023). Peranan Media Sosial Terhadap Kenaikan Nilai Omset Penjualan Di "Tiktok" Pada Pedagang Dengan Cara Live Shopping. Jurnal Mirai Management, 8(2), 226-238. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5425
  6. Frizawati, N., Trisakti, P., Romauli, J., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Pemanfaatan Tiktok Dalam Meningkatkan Pendapatan Perekonomian UMKM Di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30658-30667. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11962
  7. Kamarudin, & Usman. (2024). Analisis Hubungan Digitalisasi Marketing Dengan Profitabilitas Usaha : Studi Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 196-206. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8725
  8. Mankiw, N. G. (2010). Pengantar Ekonomi Makro (Terjemahan). Worth Publishers.
  9. Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi UMKM, Literasi Keuangan, Dan Kinerja Keuangan : Studi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2552
  10. Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang:Promosi Harga, dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 469-478. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5.996
  11. Sunarsi, D. (2020). Digitalisasi UMKM. Sumatera Barat: INSAN CENDEKIA MANDIRI. https://repository.unja.ac.id/48024/1/DIGITALISASI_UMKM%20%281%29.pdf
  12. Weriframayeni, A., & Kurnia, Y. (2024). Pengaruh Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Berbelanja Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 21 Universitas Perintis Indonesia, Padang. INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, 4(2), 7230-7246. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10160