Main Article Content

Abstract

Abstract : JKN-KIS program has an impact on public health services. The good quality of health services in hospitals will enable many JKN participants to utilize their health services also patients will feel satisfied with their health services. This survey is to measure the satisfaction of the community as users and improve the quality of hospital as public service. This study was conducted to determine the level of satisfaction member of JKN-KIS and the factors that encourage and inhibit the satisfaction. This study used questionnaire on 100 respondents. It showed that level of satisfaction member of JKN-KIS program is in the excellent category and the encourage factor for the satisfaction was the requirements and service information while the inhibiting factor satisfaction was service time and staff behavior. The reccomendation  for RSUD Dr. Murjani Sampit is  apply service time according to time standards and pay attention to officers in providing services on time


Keywords: service quality, satisfaction, JKN-KIS participants


 


Abstrak : Program JKN-KIS berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Pemberian layanan kesehatan yang baik di Rumah Sakit akan memungkinkan banyak peserta JKN yang memanfaatkan pelayanan kesehatan dan berdampak pada pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan. Survey kepuasaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta JKN-KIK dan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat kepuasan peserta JKN-KIS. Penelitian ini menggunakan kuesioner pada 100 responden. Hasil penelitian didapat bahwa tingkat kepuasan peserta JKN-KIS pada pemanfaatan pelayanan kesehatan dengan kategori sangat baik dan faktor pendorong dari kepuasan peserta JKN adalah persyaratan dan maklumat pelayanan sedangkan faktor penghambat dari kepuasan peserta JKN waktu pelayanan dan perilaku pelaksana. Disarankan bagi RSUD Dr. Murjani Sampit dapat menerapakan waktu pelayanan sesuai dengan standar waktu yang telah ditetapkan serta memperhatikan petugas dalam memberikan pelayanan dengan tepat waktu


Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan, peserta JKN-KIS

Article Details