Main Article Content

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit pada PT. Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura selama ini dan untuk mengetahui penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit yang seharusnya dilakukan pada PT. Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura selama ini. Kemudian penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit pada PT. Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura yang dapat meminimalisir kredit macet dan untuk mengetahui penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit yang seharusnya dilakukan pada PT. Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura yang dapat meminimalisir kredit macet.


Metode yang digunakan adalah secara data kualitatif, kualitatif adalah data yang diwujudkan dalam menggambarkan penjelasan dalam perusahaan.  Data kualitatif pada penelitian ini meliputi : data laporan kredit macet periode 2014 – 2018, data lampiran formulir pemberian kredit dan syarat – syarat untuk pengajuan kredit. Jenis penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan prinsip 5C dalam pemberian kredit dan untuk meminimalisir kredit macet pada PT. Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura masih belum efektif dikarenakan dalam penerapan 5C masih terdapat kekurangan dalam analisis yang dilakukan untuk pemberian kredit.


Kata kunci : Analisis Penerapan 5C, Meminimalsir Kredit Macet, PT.  Mandala Multifinance Tbk, Cabang Martapura.

Article Details