Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengaruh promosi, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan dengan kepercayaan sebagai variable mediasi. Penelitian ini dilakukan di Banjarmasin dan populasi pada penelitian ini adalah masyarakat pengguna e-wallet. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengetahui hubungan antar variabel dengan aplikasi AMOS 24 dan Uji Sobel untuk mengetahui peran mediasi.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan  dan minat penggunaan, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-wallet. Kepercayaan mampu memediasi secara positif dan signifikan pengaruh promosi, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap minat pengunaan e-wallet.


 


Kata kunci: promosi, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, minat penggunaan


 

Article Details