Main Article Content

Abstract

Abstrak: Wenny Lisninda, Npm.1911.32202.5052, Pengaruh Kemampuan Pegawai, Sarana Layanan Terhadap Kualitas Layanan Dan Kepuasan Masyarakat Pada Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Dibawah Bimbingan H.Ujianto Dan Yudi Rahman,2021. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas layanan,untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sarana layanan terhadap kualitas layanan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan pegawai terhadap kepuasan masyarakat, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sarana layanan terhadap kepuasan masyarakat dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakatyang berurusan pada Kantor Kelurahan yang berusia sekitar 17 tahun sampai 50 tahun dan dengan total populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 5.983 orang responden dan sampel dalam penelitian 98 responden. Teknik pengolahan data menggunakan kuantitatif dan analisis dengan analisis jalur (path analysis) model mediasi dengan bantuan program SPSS (statistic produk service solution) Versi 17 for windows.Hasil penelitian uji hipotesis pertama dinyatakan bahwa variabel kemampuan pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan. uji hipotesis kedua dinyatakan bahwa variabel sarana layanan berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan, uji hipotesis ketiga dinyatakan bahwa variabel kemampuan pegawai berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat, uji hipotesis keempat dinyatakan bahwa variabel sarana layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakatdan hasil uji hipotesis kelima dinyatakan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan.


 


Kata Kunci : Kemampuan Pegawai, Sarana Layanan, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Masyarakat

Article Details