Main Article Content

Abstract

Abstrak : Penulisan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan – permasalahan beserta pemecahan – pemecahannnya yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verivikasi) dalam bentuk dukungan data emperis di lapangan.


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SDN Se Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi sebanyak 34, sampel 34 orang dan teknik analisis data dengan instrument penelitian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan menggunakan regresi linear berganda,


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru dan Disiplin Kerja Guru secara sendiri - sendiri berpengaruh terhadap Kinerja Guru SDN Se Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, Semua variabel bebas tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara bersama-sama (simultan), dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Guru SDN Se Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin adalah Disiplin Kerja, Determinasi adjusted (R2) adalah 0,611 atau 61,1%, hal ini menunjukkan besarnya kontribusi yang diberikan seluruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya.


 


Kata kunci :   Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru

Article Details